Puluhan Tahun Berbisnis Kayu Jati

Berbisnis furniture kayu jati sekarang memang susah-susah gampang, karena banyaknya pilihan furniture dari jenis kayu dan bahan lain, membuat usaha ini cenderung menurun. Namun pengrajin furniture dengan kayu yang dikenal kuat dan tahan lama ini masih tetap ada.
Salah satunya adalah pak Herman yang sudah memulai bisnis finishing furniture kayu jati sejak tahun1968 di kawasan Batu Sari Jakarta. Herman mengaku berbisnis furniture kayu jati menjadi pilihannya, karena masih adanya pelanggan yang tetap setia menggunakan furniture-nya.
Meski hanya mengerjakan finishing-nya, satu kursi kayu jati saja dikerjakan selama satu minggu, ini dikarenakan proses pengecatan yang dilakukan pengamplasan dan pengecatan kayu yang dilakukan berkali-kali sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Bukan hanya itu, proses pemberian busa pada dudukan dan senderan kursinya sendiri memerlukan waktu kurang lebih tiga hari.
Untuk bahan baku Herman mengaku mendapat bahan baku furniture jati dari Jepara, sedangkan untuk kain mabelnya bahan dapat disesuaikan dengan selera pelanggan, bisa dengan bahan kain impor ataupun lokal.
Pelanggan Heman sendiri bukan hanya dari jakarta saja, namun juga ada yang dari Cibubur serta Depok. Meski beberapa tahun belakangan penjual furniture-nya menurun akibat kenaikan harga BBM. Kenaikan ini sangat berpengaruh pada harga pengiriman bahan baku serta pengiriman barang ke tempat pelanggan.
Untuk sehari-hari biasanya Herman dibantu oleh enam sampai sepuluh orang pegawai tergantung dari banyaknya pesanan pelanggan. Dalam waktu sebulan Herman mengaku dapat menjual hingga sepuluh set furniture.
Selain melayani pembelian furniture, Herman juga melayani perbaikan jok kursi serta sofa. Desain dan selera pelanggan juga dapat disesuaikan, bila pelanggan memiliki desain sendiri Herman juga dapat membuatnya.
Jadi bila anda berminat melengkapi rumah anda dengan furniture kayu jati, anda harus merogoh kantong anda dalam-dalam, karena untuk satu set kursi tamu kayu jati sendiri dihargai hingga 18 juta rupiah.

Video Proses Finishing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s